Kamis, 08 Juni 2017

Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor
1.      Lepaskan filter karburator
Langkah pertama dalam membersihkan karburator adalah melepaskan filter yang terletak pada bagian mulut karburator. Apabila sudah terlepas, jangan lupa bersihkan filter tersebut dengan menggunakan cairan pembersih.
Anda pun juga bisa menggunakan kompresor bertekanan rendah agar semua kotoran yang menempel terlepas. Setelah itu, keringkan kembali filter tersebut dengan menggunakan lap atau angin-angin.
2.      Lepaskan karburator

Sekarang lepaskan semua baut yang membuat karburator menyatu dengan mesin. Caranya dengan menggunakan obeng yang cocok. Jika semuanya sudah terlepas, bersihkan karburator tadi dengan penyemprot kertekanan tinggi. Jangan lupa pastikan bagian tedalam dari karburator semuanya bersih.
3.      Membersihkan spuyer karburator

Dalam membersihkan spuyer karburator haruslah dilakukan secara hati-hati dan teliti. Karena jika dilakukan dengan asal-asalan akan sangat berpotensi menyebabkan ukuran diameter spuyer menjadi berubah. Sehingga mesin sulit untuk dinyalakan.
Untuk menghindari hal tersebut, bersihkan bagian spuyer secara perlahan dengan menggunakan amplas halus. Gosokan amplas tersebut tepat pada bagian spuyer yang kotor.
4.      Memasang kembali karburator

Setelah selesai membersihkan semua komponen diatas, pasang kembali karburator seperti semula. Dalam memasang, Anda harus memperhatikan tingkat ketinggian apung atau pelampung bensin. Agar lebih mudah menentukan ketinggian yang tepat gunakan jangka sorong atau stigmat. Apabila sudah mendapatkan ketinggian yang paling tepat, tutup kembali dan pastikan semua komponen terpasang dengan baik seperti semula.
Itulah cara membersihkan karburator motor yang benar. Terapkan perawatan diatas secara rutin 2-3 bulan sekali agar karburator tetap awet dan bekerja secara optimal. Selamat mencoba, salam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar